Tuesday, August 19, 2014

Puisi untuk Negeri HUT RI Ke-69

[caption id="attachment_1686" align="alignleft" width="329"]Membaca Puisi Membaca Puisi[/caption]

Tidak banyak yang bisa kami perbuat dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI. Namun setidaknya, kami sebagai generasi muda, berusaha memaknai hari kemerdekaan sebagai ruang refleksi bagi diri, sudah sejauhmana kami mengisi kemerdekaan? Diskusi pun mengalir diantara peserta kegiatan HUT RI ke-69 yang diselenggarakan Komunitas Ngejah, tentang apa sebenarnya esensi kemerdekaan itu? Rata-rata dari kami memahami kemerdekaan adalah sebuah usaha memerdekakan diri dari hawa nafsu hanya memikirkan kepentingan diri pribadi dan mengesampingkan kepentingan umum. Oleh sebab itu peringatan kemerdekaan kami maknai sebagai ruang berbagi: berbagi cerita, berbagi kebahagiaan, berbagi motivasi untuk sama-sama bergerak membenahi diri dan lingkungan.


Sebuah acara yang kami beri nama PUISI untuk NEGERI, sengaja diusung untuk memperingati Kemerdekaan RI Ke-69. Minggu 17 Agustus, di saung Komunitas Ngejah yang berlokasi di Kampung Sukawangi Desa Sukawangi Kecamatan  Singajaya kabupaten Garut mulai pukul 13.30-16.00, kami berusaha saling memberikan ruang dengan anak-anak, pemuda dan masyarakat sekitar dengan cara ngobrol santai tentang esensi kemerdekaan.




[caption id="attachment_1688" align="alignleft" width="344"]Aneka Lomba Aneka Lomba[/caption]

Selain itu, kami seluruh peserta diarahkan untuk sama-sama belajar menulis puisi, membaca puisi yang menggelorakan semangat nasionalisme, menggambar dan mewarnai dengan tema kemerdekaan.


Ruang kegembiraan lainnya kami sajikan melalui aneka kegiatan lomba, seperti kegiatan lomba makan kerupuk, memasukan pensil ke dalam botol, serta beberapa permainan lainnya. Untuk mengapresiasi para pemenang, beberapa hadiah sederhana kami siapkan. Tidak hanya anak-anak, pemuda dan masyarakat sekitar yang terlibat dalam kegiatan ini, beberapa orang mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Garut yang secara kebetulan sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di desa kami, ikut ambil bagian memeriahkan kegiatan. Semuanya larut menikmati tahap demi tahap kegiatan.


DIRGAHAYU RI KE-69!


JAYALAH BANGSAKU!


Opik (Ketua Komunitas Ngejah)

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014 Jejak Literasi | Designed With By Blogger Templates | Distributed By Gooyaabi Templates
Scroll To Top